Senin, 15 Juli 2013

Intermezzo : Tolololpedia

Malam readers... Sudah agak lama nih saya tidak memposting artikel...

Kali ini saya akan kembali memposting sebuah artikel. Yah mungkin tidak terlalu panjang, namanya juga Intermezzo atau selingan... Hehe...

Nah kali ini saya akan membahas sebuah situs Indonesia yang mungkin tak asing bagi readers yang sering berselancar di dunia maya. Nah situs itu dieberi nama Tolololpedia.
Terdengar tidak asing? Ya, sekilas memang terdengar seperti Wikipedia. Hal ini terjadi karena Tolololpedia merupakan sebuah situs yang dinaungi oleh situs Wikipedia. Kita bisa melihatnya dari urlnya yang menyertakan wikia.com dibelakangnya.

Jadi, ada apa dengan situs ini? Just Checkitout... :)




Tolololpedia adalah sebuah situs yang memiliki tampilan layaknya tampilan Wikipedia. Hanya saja, artikel yang ditayangkan adalah artikel yang bisa dibilang "ngawur" dan offensif terhadap salah satu pihak.

Konten-konten didalam situs ini terkesan memaksakan apa yang menjadi pemikiran sipenulis. Terbukti dengan tulisan-tulisan yang menjatuhkan pihak lain, memuat sejarah yang dipalsukan dan serta foto-foto yang telah diedit sesuai keinginan penulis. Jadi jika anda mengunjungi situs ini, mata anda akan segera dipenuhi dengan berbagai bahasa yang kalau saya biasa sebut dengan bahasa "kebun binatang".

Karena itulah, saya akhirnya memutuskan untuk menuliskan beberapa keburukan situs ini.
Note : Tulisan ini adalah hasil dari pengamatan saya.

1. Menggunakan Bahasa Kasar.

Kebanyakan artikel dari situs Tolololpedia merupakan artikel yang tidak memiliki tata bahasa yang rapi dan hanya mengandalkan humor, yang mana juga sebenarnya terlihat dipaksakan. Humor yang ada di artikel-artikelnya pun selalu menggunakan kata-kata kasar dan cenderung garing atau tidak lucu. Padahal, wikipedia sendiri memiliki kredibilitas sebagai media penyampai informasi. Bila dibandingkan dengan bahasa kasar, humor tak jelas, bahkan  kata-kata ofensif yang ada diartikel ini, menurut saya tidak sepantasnya Tolololpedia dinaungi oleh wikipedia. Hal ini secara tidak langsung akan mempengaruhi citra dari Wikipedia sendiri.

2. Gambar Tidak senonoh.

Memang, tak ada yang membatasi kreativitas seseorang. Bahkan pornografi pun adalah seni menurut beberapa orang. Tapi, semua ada tempatnya. Kembali pada poin pertama, Wikipedia, tak pernah menggunakan gambar yang tak senonoh di artikelnya.

3. Bersifat Ofensif.

Kebanyakan artikel dan konten dari Tolololpedia berisi tentang ketidaksukaan dari penulis terhadap suatu hal. Di dunia maya, sudah biasa jika kita menyuarakan ketidaksukaan kita pada suatu hal. Akan tetapi, akan lebih baik jika kita menyuarakannya dengan baik dan tidak bersifat menjatuhkan tetapi bersifat membangun. Tolololpedia malah sebaliknya. Ia secara langsung menggunakan bahasa kasar dan hinaan untuk mengungkapkan ketidaksukaannya terhadap suatu hal. Sangat tak patut ditiru readers... -_-


Mungkin ketiga hal diatas sudah cukup memberikan gambaran. Saya tidak bermaksud menjatuhkan Tolololpedia dngan menulis artikel ini.
Akan tetapi ada baiknya kita, dan mungkin penulis Tolololpedia, menyadari bahwa wikipedia adalah situs yang sudah dikenal diseluruh dunia. Dan sudah pasti ada banyak sekali orang yang mengandalkan informasi dari wikipedia. Jadi, mungkin ada baiknya jika artikel dan konten yang terdapat diTolololpedia di sunting agar terlihat bagus dan tidak menunjukkan keburukan kita ya kan?

Jangan sampai, para netters mancanegara sampai salah mengerti arti dari situs Tolololpedia dan lantas menganggap kita, bangsa Indonesia, adalah bangsa yang memiliki kebiasaan yang buruk, bodoh dan kasar. Kita tak mau itu terjadi kan?

Jadikanlah tulisan ini sebagai renungan...
Malam Readers...

Sumber : Tolololpedia

14 komentar:

  1. ada apa mas Cipah Pasker? :)

    BalasHapus
  2. Tolololpedia.wikia.com tidak berafiliasi dengan Wiikipedia. Urlnya beda, Wikia dan Wikipedia itu beda.

    Baca lagi yang bener, Om...hehe

    BalasHapus
  3. Saya sering baca disana, memang bukan lah artikel informatif. Saya rasa walaupun terlihat offensif, dari segi materi yang mereka tulis hanyalah sebagai guyon, humor semata. Dari cara mereka ngawur dan ga jelas, memiliki homor tersendiri.
    Tentunya bagi saya, situs ini bisa jadi obat ketika jenuh, saya bisa sampe ROFTL baca-baca artikel disana haha

    BalasHapus
  4. Dan sesuai dengan nama nya, Tololol, jadi segala informasi memang di "tolol"-in. Dan saya rasa sang pembuat tulisan tsb, paham tentang objek yang di jadikan sarkasme, terus dibuat tolol

    BalasHapus
  5. Jelas2 itu situs dibuat untuk hiburan semata terang isinya ngawur semua, kalo ente bacanya serius berarti ente yang tolol

    BalasHapus
  6. Makasih nasihatnya mas... tetapi, menyikapi sikap anda yang mungkin agak sedikit terlalu "serius" dalam menyingkapi hal-hal tersebut. dapat berakhir dengan meningkatnya pembaca di tololpedia (yang karena penasaran) dan justru turunnya rating blog anda lo mas. anda sebaiknya berhati-hati dalam menulis sesuatu, jika tololpedia menulis sesuatu yang kurang mengenakkan seperti tentang Jokowidodo, atau tentang JKT48 atau sesuatu yang anda sukai, harap anda maklumi karena meskipun terlihat keterlaluan, itu tetaplah hanya guyonan. saya harap anda tidak terlalu bersifat kekanakan dengan memberikan pendapat anda atas suatu hal, blog anda mengupas fakta, bukan opini bukan? terim kasih

    BalasHapus
  7. Yaelah sempit amet pemikirannya... Situ kali yg mancing emosi warganet�� tolololpedia itu bukan di bawahnya wikipedia, kalo kritis jgn ngasal. Cari info yg banyak dulu. Trus santai aja kali, ini namanya satire. Ga punya selera humor ya? Di AS udah ada duluan kok.

    https://id.m.wikipedia.org/wiki/Uncyclopedia

    Baca noh

    BalasHapus
  8. Cara pikir ente terlalu kaku gan

    BalasHapus
  9. jadi orang jangan terlalu serius menanggapi sesuatu , entar gila , loh

    BalasHapus
  10. Kaku atau tudak itu adalah hak pilih kita untuk selama-lamanya.

    BalasHapus
  11. Semua yang ditulis disini emang bener. Cuma menurut gw Tolololpedia itu dibuat cuma untuk candaan.

    BalasHapus
  12. Goblok. Tolololpedia bukan dibawah naungan wikipedia. Nyari info yang bener

    BalasHapus

Tolong diisi dengan bahasa yang sopan dan tidak mengundang emosi ya readers?