Senin, 01 Juli 2013

Misteri Lagu Kematian : Gloomy Sunday

Pagi readers, tumben ya saya malem-malem gini udah posting... gak biasanya.. hehe

Baiklah, kali ini saya akan sedikit mengungkap tentang lagu yang dirumorkan sebagai lagu kematian, yaitu lagu.... "Minggu yang Kelam"... hehe gak keren yah namanya... nama aslinya adalah "Gloomy Sunday".
Saya pertama kali membaca tentang lagu ini disalah satu blog misteri favorit saya, yaitu Blog Misteri Hawkson. Nah bagi yang ingin melihat lebih jelas dari penjelasan bang Hawkson silahkan klik disini.

Let's cekidot.




Nah bagi yang tidak membaca lebih jelasnya di blog banhg hawkson, saya hanya akan memberikan garis besar tentang sejarah lagu ini.

Sejarah.

Lagu Gloomy Sunday atau lebih dikenal dengan nama Szonoru Vasarnap di negara asalnya, Hungaria. Lagu ini sendiri diciptakan pada tahun 1933 oleh Rezso Seress, seorang pianis otodidak. Lagu ini segera menjadi hit. Namun dibalik itu semua, lagu ini menyembunyikan masa lalu yang kelam juga...

Lagu ini dikenal sebagai lagu pengiring kematian dizamannya. Dikarenakan banyak sekali orang yang mati bunuh diri diduga karena mendengar lagu ini. Sang pencipta lagu ini pun tak lama segera menyusul mereka ke alam lain.

Setelah banyaknya jumlah kematian yang diduga karena lagu ini, Pihak pemerintah memerintahkan untuk memusnahkan lagu ini. Wow, ekstrim banget ya readers...

Baiklah, jika menurut bang Hakwson ini semua terjadi ada penjelasan ilmiahnya.Saya lebih menggunakan teori saya sendiri yang berdasarkan budaya dan keagamaan.

Teori dan Penjelasan.

Seperti yang kita ketahui bahwa dimasa lalu, dunia ini dihuni oleh beragam suku yang memiliki budaya dan agama masing-masing. Dari beragam suku tersebut terdapat satu hal yang sama dan hampir dimiliki oleh setiap suku di dunia ini. Yaitu Ritual tari dan nyanyian.
Nyanyian pada zaman dahulu digunakan sebagai doa dan puji-pujian terhadap tuhan atau dewa. Sehingga banyak para pemuka agama dimasing-masing suku menggunakan nyanyian tersebut sebagai ritual persembahan.

Yang mungkin tidak kita sadari adalah jauh didalam genetik kita mungkin masih ada sisa-sisa dari pengalaman masa lalu itu. Nah, ketika kita sedang dalam kondisi yang berduka, biasanya ada kalanya sebuah memori dari masa lalu terlintas dibenak kita. Hal ini sering kita rasakan secara tidak sadar. Ketika kita kehilangan seseorang yang sangat dekat dengan kita, terkadang kita tiba-tiba saja teringat dengan hal-hal yang biasanya kita lupakan saat bersama orang tersebut.
Nah, bukan tidak mungkin kalau saja, ketika mereka yang sedang galau, gundah dan bimbang ini ketika sedang mendengarkan lagu Gloomy Sunday, rasa galau mereka memuncak dan secara tidak sadar membuka memori mereka dimasa lampau tentang pengorbanan kepada dewa.
Pasti kalian bertanya "Kok dia yang bunuh diri, bukannya mengorbankan jiwa orang lain?". Nah, pada zaman tersebut ada beberapa kebudayaan yang menganggap bahwa pengorbanan yang mereka lakukan itu adalah suatu berkah dan sangat suci dimata mereka. Sehingga mereka melakukannya dengan sukacita.

Penutup.

Well. it's just another theory... Jadi teori ini tak sepenuhnya benar. Jadi jika ada diantara readers merasa tidak puas dengan teori yang saya sampaikan. Saya sepenuhnya minta maaf, karena saya hanya mengungkapkan apa yang menurut saya menjadi penjelasan dibalik lagu Gloomy Sunday ini. Karena, ketika sebuah misteri tidak menjadi sebuah misteri lagi, maka yang terjadi adalah tidak adanya rasa ingin tahu lagi didunia ini. :)

Night Readers...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong diisi dengan bahasa yang sopan dan tidak mengundang emosi ya readers?