Minggu, 25 Agustus 2013

Kegagalan Film Adaptasi Hollywood

Hy readers... Kali ini saya kembali dengan sebuah artikel dari dunia perfilman.

Kalian pasti tidak asing dengan Hollywood.
Ya, Hollywood secara tidak langsung menjadi ikon dari dunia perfilman itu sendiri. Banyak sineas yang bermimpi untuk dapat bekerja di Hollywood.
Tapi tahukah anda, bahwa tak semua film Hollywod itu sukses baik secara Kritik maupun Komersil.

Kali ini saya hanya akan membahas tentang beberapa film adaptasi dari budaya lain, semisal jepang ataupun eropa.
Langsung saja, Check This Out!




Hollywood tak jarang mengadaptasi film ataupun buku yang dihasilkan oleh negara yang berbeda budaya. Sebut saja Jepang dan Spanyol. Dari dua negara ini saja banyak sekali daftar film yang diadaptasi oleh Hollywood. Sebagian berhasil, dan sebagian... Gagal.

1. Dragonball Evolution.

Siapa yang tidak kenal dengan manga terkenal buatan komikus jepang, Akira Toriyama. Dragonball, sebagai komik telah menjadi franchise yang sangat mendunia. Bahkan beberapa game telah dikeluarkan dengan menyandang nama Dragonball.
Begitu pula dengan Hollywood. Mereka berusaha untuk mewujudkan franchise ini kedalam bentuk live action. Hanya saja, hasilnya bisa dibilang gagal.
Jalan cerita yang berbeda menjadi salah satu poin kejatuhan dari film ini. Walaupun didukung dengan Special Effect yang mahal, tetap saja hal itu tak bisa melepaskan kegagalan dari film ini.

2. Rec.

Rec adalah sebuah film misteri dari sineas asal Spanyol. Film Thriller ini berhasil meraih kesuksesan diseluruh dunia dan menghasilkan 3 seri lanjutan yang juga sukses.
Film ini pun juga berusaha diadaptasi oleh Hollywood. Dengan  judul baru ya itu Quarantine, film ini malah menghilangkan unsur ketegangan yang ada di film aslinya. Ujung-ujungnya, film ini bahkan mungkin tidak pernah terdengar.

3. Resident Evil.

Mungkin anda akan terkejut mengapa saya memasukkan film blockbuster satu ini kedalam daftar ini. Film ini memang sukses, secara komersil. Akan tetapi secara kritik, tidak. Hal yang utama yang menjadi perhatian dalam film ini hanyalah action dan special effect. Tidak ada jalan cerita yang mendukung film ini. Semua alur tampak dipaksakan dan tak sesuai dengan gamenya.

4. Street Fighter.

Film jadul satu ini juga menjadi salah satu kegagalan besar Hollywood. Walaupun didukung dengan nama besar Jean Claude Van-Damme, film ini tidak dapat memenuhi hasrat para pencinta film dan game legendaris ini. Alur cerita yang tidak jelas menjadikan film ini semakin jatuh dimata para kritikus.


Nah itu tadi beberapa film adaptasi Hollywod yang gagal bersinar.
Hal ini semakin membuktikan bahwa tak selamanya film-film Hollywood itu bagus dan menarik. Dan menjadi pembelajaran juga bahwa tak perlu berkecil hati, bahwa dengan peralatan yang seadanya, sebuah film bisa menjadi menarik. Selama film itu dibuat dengan totalitas dan kreatifitas para sineasnya. :)

Good Night Readers...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong diisi dengan bahasa yang sopan dan tidak mengundang emosi ya readers?