Sabtu, 30 Januari 2016

Rahasia dibalik Kamehameha

Siang readers.
Cukup lama ya saya tidak memposting apa-apa keblog ini. Tapi kali ini saya kembali dengan sebuah artikel baru.


Siapa yang tidak kenal dengan Dragon Ball? Ya, manga dan anime jepang karya Akira Toriyama ini sangat legendaris. Terutama pada era tahun 90an di Indonesia. Pertempuran besar-besaran dan petualangan yang seru menjadi titik jual pada anime ini.

Dan anda pasti tahu teknik paling terkenal di anime ini. Yup, apalagi kalo bukan Kamehameha. Teknik yang diajarkan oleh Master Roshi kepada Son Goku, tokoh utama anime ini, adalah salah satu teknik yang selalu digunakannya. Tapi tahukah anda rahasia dibalik teknik ini?



Sebelum kita membahas rahasia kamehameha lebih lanjut lagi, mungkin ada baiknya jika kita membahas dasar ilmu ataupun teknik yang ada di anime ini. Sumber tenaga yang terdapat di anime Dragon Ball dikenal dengan nama Ki. Yang mana terinspirasi dari ilmu tenaga dalam asal negara tirai bambu, Cina, yang dikenal dengan nama Chi atau Qi.


Mungkin bagi kalian yang tidak tahu, anime Dragon Ball sebenarnya terinspirasi dari sebuah cerita asal Cina yang dikenal dengan judul "Journey to the West". Ini bisa dilihat dari kemiripan nama tokoh utamanya. Sun Wukong/Gokong dan Son Goku. Jadi rasanya kita juga bisa mengaitkan bahwa Ki yang ada di anime ini sebagai Chi/Qi di dunia nyata.

Selanjutnya adalah benarkah Chi bisa membuat pancaran energi seperti kamehameha? Jawabannya adalah tidak ada yang tahu. Belum pernah ada penelitian yang dilakukan secara detail mengenai masalah ini. Tapi apakah mungkin untuk dilakukan?

Untuk mengetahui mungkin tidaknya, kita pertama harus mengetahui bentuk zat dari kamehameha itu sendiri. Dari yang kita lihat di anime, kamehameha tidak berbentuk padat ataupun cair. Namun juga tidak memiliki sifat-sifat gas. Lantas apakah bentuk zat dari kamehameha?

Kita selalu diajarkan bahwa cuma ada 3 bentuk zat. Padat, cair dan gas. Namun tahukah anda bahwa sebenarnya ada bentuk zat ke empat, yaitu Plasma. Plasma? Apa itu plasma? Pada dasarnya plasma adalah sebuah gas yang dipanaskan sehingga memiliki bentuk dan wujud. Bahkan sebenarnya kita sering sekali melihat wujud dari plasma dalam kehidupan sehari-hari. Petir, merupakan bentuk plasma. Dan bahkan Matahari juga merupakan bentuk plasma.


Lalu selanjutnya adalah apakah mungkin kita menembakkan kamehameha? Kalau kita lihat dari pose atau kuda-kuda yang dilakukan dari Son Goku saat akan menembakkan kamehameha, ia menaruh kedua tangannya seakan sedang menggenggam sesuatu dan lalu menembakkan kamehameha itu. Seperti yang kita bahas tadi, bahwa plasma adalah gas yang dipanaskan, jika kita perhatikan sela diantara kedua tangan Son Goku itu berisi udara, yang mana berbentuk gas.


Lalu kemudian manusia, memiliki kemampuan untuk menghasilkan daya listrik, walaupun dalam ukuran kecil. Tapi jika kita mampu menghasilkan daya listrik berukuran cukup untuk memanaskan udara disela tangan seperti Son Goku, kita mungkin bisa menembakkan kamehameha dengan teriakan khasnya.

Namun tentu saja ini masih berupa teori saja. Untuk info lebih lanjutnya kalian bisa menonton video dari Film Theorist yang membahas masalah ini lebih rinci. Silahkan klik disini.

Baiklah sekian dari saya. Saya mungkin akan mulai kembali menulis artikel dengan rutin lagi. Jadi, selamat membaca. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong diisi dengan bahasa yang sopan dan tidak mengundang emosi ya readers?